Payudara Terasa Sakit Apakah Terkena Kanker Payudara?

Payudara Terasa Sakit Apakah Terkena Kanker Payudara?

Selama ini banyak para ladies yang merasakan khawatir bahwa rasa sakit di payudara bisa menjadi tanda-tanda ada masalah kesehatan. Bahkan banyak pula yang mengkhawatirkan rasa sakit di payudara itu adalah sebagai gejala kanker payudara. Benarkah begitu?

Payudara terasa nyeri selalu menjadi gejala kanker?

Perlu diketahui Anda para wanita bahwa rasa sakit atau nyeri pada payudara sangat kecil kemungkinan menjadi gejala kanker payudara. Kanker payudara umumnya bisa diindikasikan dengan adanya benjolan di daerah tertentuĀ  namun tidak menampakkan gejala nyeri. Nyeri pada payudara yang dirasakan banyak wanita umiumnya karena faktor hormon dan aktifitas serta kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sesekali bahkan terus menerus.

Berikut kita simak apa saja sih yang bisa memicu rasa nyeri pada payudara.

Menstruasi atau haid

Haid merupakan penyebab paling umum rasa sakit pada payudara. Pada masa subur/ ovulasi, hormon- hormon estrogen, progesteron, testosteron naik. Kemudian pada masa haid, hormon-hormon tersebut menurun. Hal itu yang menyebabkan rasa sakit di payudara.

Payudara terasa sakit pada siklus menstruasi seperti ini kadang disertai pembengkakan pada payudara pada hari sebelum dan hari pertama haid. Sakit tersebut akan hilang saat ketika haid berakhir. Jadi rasa nyeri itu wajar tidak berbahaya. Tetapi jika terasa menganggu, Anda bisa mengkonsumsi obat atau suplemen pereda sakit saat haid.

Ukuran bra

Jika Anda merasakan payudara terasa sakit sudah sejak lama dan selama itu pula Anda belum pernah mengganti ukuran bra, maka bisa jadi itu adalah penyebabnya. Ukuran dan bentuk bra yang tidak pas dengan ukuran dan bentuk payudaramu akan menyebabkan sakit pada payudara. Apalagi jika payudara wanita punya ukuran relatif besar. Bra yang tidak pas, tidak mampu menyangga payudara dengan baik. Hal ini menyebabkan sakit pada payudara bahkan bagian tubuh lain seperti punggung, pinggang dan leher.

Jadi pastikan menggunakan bra yang betul-betul pas dan nyaman untuk payudara Anda.

Adanya benjolan

Benjolan di sini bukan benjolan sebagai ciri kanker payudara. Namun benjolan yang terjadi karena terjadi akibat perubahan yang terjadi pada saluran susu atau kelenjar susu. Hal ini bisa disebabkan karena adanya kista jinakĀ  atau kantong cairan payudara, trauma payudara sebelum operasi payudara, atau faktor-faktor lain yang memusat ke payudara yang bisa menyebabkan payudara terasa nyeri.

Efek samping obat

Obat- obat kesuburan dan pil KB dapat menyebabkan payudara terasa nyeri. Efek samping ini bisa juga terjadi ketika mengkonsumsi obat anti depressan.